Peta desa/kelurahan yang telah ada batas-batas bloknya akan dipergunakan untuk keperluan pengukuran bidang milik dan pemberian NOP. Pembuatan peta ZNT dilaksanakan setelah selesai pengukuran bidang milik dalam satu kelurahan/desa. Dalam pembuatan peta ZNT, pengumpulan data harga jual dapat memberikan informasi mengenai harga transaksi dan/atau harga penawaran tanah dan bangunan.

Proses Pembuatan Tabel Peta ZNT terdiri dari proses :

  1. Perekaman data Peta ZNT dalam satu kelurahan yaitu pembuatan Peta ZNT untuk merekam perubahan data yang sudah ada yang disebabkan oleh adanya pemekaran Wilayah dan perubahan pada batas Zona Nilai Tanah pada satu Blok suatu Kelurahan/ Desa.
  2. Pemutakhiran data Peta ZNT dalam satu kelurahan yaitu digunakan bila terjadi perubahan data dari kode ZNT sebelumnya, perubahan yang terjadi karena adanya pendataan ulang batas Zona Nilai Tanah dalam satu Wilayah Kelurahan dan perubahan ini sebelumnya telah direkam dalam proses Perkaman Tabel Peta ZNT.

Masih pada tahap persiapan, Tutorial Tabel Peta ZNT SIMPBB ini akan membahas tata cara pembuatan tabel peta ZNT dengan menggunakan Aplikasi Pajak Online SIMPBB.

Berikut Tutorial Tabel Peta ZNT SIMPBB:

Untuk mempraktekkan Tutorial Tabel Peta ZNT SIMPBB, pastikan anda login ke aplikasi menggunakan akun anda, silahkan hubungi kami untuk request akun demo aplikasi jika tidak mempunyai akun. Setelah anda berhasil login ke aplikasi, klik menu Pendataan > Persiapan > Pembuatan ZNT > Pembuatan Tabel Peta ZNT.

Tutorial Tabel Peta ZNT SIMPBB

Akan muncul filter pilihan Kecamatan dan Kelurahan di kolom sebelah kanan. Pilih Kecamatan dan Kelurahan yang anda inginkan untuk melihat Tabel Peta ZNT daerah tersebut. Selanjutnya klik tombol GO! untuk memproses, sedangkan tombol Reset Filter digunakan untuk kembali ke tampilan awal filter pilihan Kecamatan dan Kelurahan.

Filter Tabel Peta ZNT SIMPBB

Apabila datanya ada dan ditemukan, maka akan muncul Tabel Peta ZNT sesuai Kecamatan dan Kelurahan yang anda pilih. Klik simbol Pensil di kolom aksi untuk mengganti Kode ZNT, atau klik simbol Silang untuk menghapus Kode Blok dan ZNT.

Tabel Peta ZNT SIMPBB

Untuk menambah Kode Blok dan ZNT baru, klik tombol Tambah dan akan muncul form untuk menambahkan Kode Blok dan ZNT sesuai dengan Kecamatan dan Kelurahan yang telah anda pilih sebelumnya. Anda bisa memilih untuk mengganti atau tetap menggunakan Kecamatan dan Kelurahan tersebut. Selanjutnya pilih Kode Blok dan ZNT yang anda inginkan, klik tombol Simpan untuk menyimpan data.

Form Tambah Kode Blok dan ZNT SIMPBB

Demikian tutorial kali ini, semoga Tutorial Tabel Peta ZNT SIMPBB ini bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan aplikasi kami. Artikel dan Tutorial terbaru akan terus diupdate tiap minggu, jadi jangan lupa untuk ikuti terus blog ini ya. Jika ada komentar, saran maupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar :)