Perubahan terhadap sekelompok objek pajak yang mempunyai satu nilai indikasi rata-rata yang dibatasi oleh batas penguasaan/pemilik objek pajak dalam suatu wilayah administrasi yang dilakukan secara umum perblok. Perubahan Kode ZNT Massal dimaksudkan untuk memutakhirkan Kode ZNT beberapa Objek Pajak dalam satu Blok yang mempunyai Kode ZNT sama menjadi Kode ZNT tertentu yang sama pula.

Sesuai dengan paragraf sebelumnya, tutorial kali ini akan membahas tentang Tutorial Perubahan ZNT Massal SIMPBB. Seperti biasa tutorial ini menggunakan Aplikasi Pajak Online SIMPBB, jika anda belum mempunyai akun untuk login ke aplikasi, silahkan mengajukan permintaan akun demo.

Berikut Tutorial Perubahan ZNT Massal SIMPBB:

Tutorial Perubahan ZNT Massal SIMPBB Menu

Setelah berhasil login ke aplikasi dengan akun anda, klik menu Pendataan > Persiapan > Pembuatan ZNT > Perubahan ZNT Massal. Akan muncul form untuk Perubahan ZNT Massal di sebelah kanan menu. Pilihan-pilihan pada form bisa diubah sesuai dengan yang anda kehendaki kecuali untuk pilihan Provinsi dan Kabupaten yang secara default memang tidak bisa diubah.

Form Perubahan ZNT Massal SIMPBB

Pilih Kecamatan, Kelurahan dan Blok yang anda kehendaki. Kemudian pilih ZNT Asal dan ZNT Baru yang ingin diubah, juga jangan lupa untuk mengisi Nomor Dokumen. Selanjutnya klik tombol Ambil Data Asal untuk memproses dan menampilkan tabel berisi data-data ZNT yang akan diubah. Jika data-data yang anda masukkan cocok dan tersedia, maka akan muncul tabel Perubahan ZNT Massal seperti pada gambar berikut.

Tabel Perubahan ZNT Massal SIMPBBAnda dapat mengubah data-data pada tabel juga menambah dan menghapus baris tabel dengan klik tanda + atau x pada kolom aksi. Isi dan ubah tabel sesuai yang anda kehendaki, jangan lupa untuk memeriksa dan mengisi NIP Pendata dan Pemeriksa dengan benar. Kemudian klik tombol Simpan untuk menyimpan data Perubahan ZNT secara Massal atau tombol Batal untuk membatalkan perubahan.

Demikian Tutorial Perubahan ZNT Massal SIMPBB kali ini, semoga bermanfaat. Artikel dan Tutorial terbaru akan terus diupdate tiap minggu, jadi jangan lupa untuk ikuti terus blog ini ya. Jika ada komentar, saran maupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar :)