DBKB adalah suatu daftar yang dibuat untuk memudahkan perhitungan perkiraan Nilai Jual Objek Pajak Bangunan berdasarkan pendekatan biaya yang terdiri dari biaya komponen utama, biaya komponen material bangunan, dan biaya komponen fasilitas bangunan.

DBKB ini terdiri dari 3 (tiga) komponen yaitu :

  1. Daftar Biaya Konstruksi Bangunan per m2.
  2. Daftar Biaya Fasilitas.
  3. Perincian perhitungan biaya konstruksi bangunan per m2.

Biaya yang dikeluarkan untuk membayar seluruh unsur pekerjaan yang berkaitan dengan penyediaan fasilitas bangunan. Komponen atau sarana pelengkap yang termasuk didalamnya seperti : kolam renang, lapangan tenis, AC, lift, tangga berjalan, genset, perkerasan halaman untuk tujuan tertentu, elemen estetika dan lansekap. Dimutakhirkan setiap tahun sesuai perubahan harga jenis bahan/material bangunan dan upah perkerja yang berlaku di wilayah masing-masing.

Proses DBKB Standart digunakan untuk  Update Daftar Harga Fasilitas AC, AC Lanjutan, Kolam Renang, Perkerasan, Lapangan Tenis, Lift, Tangga Berjalan, Pagar, Proteksi Api, Genset, PABX, Sumur Air, Boiler, Listrik.

Proses Pembuatan DBKB ini, baik standart maupun non standart tentu saja bisa dilakukan menggunakan Aplikasi Pajak Online SIMPBB. Untuk tutorial kali ini hanya membahas pembuatan DBKB standart saja, sedangkan pembuatan DBKB non standart akan dibahas minggu depan.

Berikut Tutorial DBKB Standart SIMPBB:

Seperti biasa pastikan anda sudah login/masuk ke Aplikasi Pajak Online SIMPBB. Jika anda belum membeli aplikasi kami, maka anda bisa mencoba tutorial ini menggunakan demo aplikasi SIMPBB. Selanjutnya klik menu Pendataan > Persiapan > Pembuatan DBKB > DBKB Standart untuk mengakses form Pembuatan DBKB Standart SIMPBB.

Tutorial DBKB Standart SIMPBB 1

Selanjutnya akan muncul form berisi input tahun dan tab dengan pilihan AC, Kolam Renang Perkerasan, Lapangan Tenis, dan lain-lain. Isilah input tahun dengan tahun sekarang atau tahun yang anda ingin ubah DBKBnya dan klik tombol GO! untuk memproses. Form yang sebelumnya kosong akan terisi dengan data-data DBKB sesuai dengan tahun yang telah anda inputkan pada form tersebut. Jika data-datanya tidak muncul atau kurang lengkap, lakukan copy data pendukung penilaian dari tahun sebelumnya terlebih dahulu, kemudian ulangi kembali pembuatan DBKB standart seperti langkah-langkah di atas.

Form Pembuatan DBKB Standart SIMPBB

Secara default anda akan berada di tab AC, anda bisa beralih ke tab yang lain dengan melakukan klik pada tab yang anda inginkan, misal pada tab Lapangan Tenis seperti pada gambar di atas.  Tab berwarna orange/jingga menunjukkan posisi anda sekarang sedang berada pada tab tersebut. Karena merujuk pada tahun sebelumnya, input-input di bawah tab tidak bisa diubah kecuali input pada kolom nilai baru. Di form ini anda bisa mengubah banyak nilai DBKB sekaligus dalam satu tab. Ubah input nilai pada kolom Nilai Baru kemudian klik tombol Simpan. Akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi perubahan yang telah dilakukan, klik OK sampai muncul pernyataan Data berhasil diupdate. Selamat, anda berhasil mengubah nilai pada data DBKB Standart SIMPBB. Bagaimana? mudah kan? jika masih kesulitan atau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya :)

Demikian akhir dari Tutorial DBKB Standart SIMPBB, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk ikuti terus kelanjutannya pada Tutorial pembuatan DBKB Non Standart SIMPBB minggu depan :)