Daftar Biaya Komponen Bangunan (DBKB) disusun untuk mempermudah perhitungan Nilai Jual Objek Pajak Bangunan. Objek Pajak dalam DBKB Non Standard adalah Objek Pajak Non Standart yaitu objek-objek pajak yang memenuhi salah satu dari kriteria-kriteria sebagai berikut :

  • Tanah : > 10.000 m2
  • Bangunan : Jumlah Lantai > 4
  • Luas Bangunan : > 1.000 m2

Dalam DBKB Non Standart terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi, yaitu Tahapan Pembuatan DBKB, dan Biaya Komponen Bangunan. Dimana masing-masing faktor terdiri dari :

  • Tahapan Pembuatan DBKB, untuk Objek Pajak Non Standard tahapan-tahapan pembentukan DBKB hampir sama dengan objek pajak standard. Hanya saja pada DBKB non standard untuk masing-masing JPB dikelompokkan kedalam kelas-kelas yang didasarkan atas penggunaan bahan pembentuk komponen utama dan material.
  • Biaya Komponen Bangunan, menjumlahkan biaya konstruksi utama (Biaya komponen utama + komponen material) dengan biaya fasilitas, yaitu AC, Alat Pemadam Kebakaran, Kolam Renang, Lapangan Tenis, Lift, Dan lain-lain sesuai dengan keadaannya.

Seperti diketahui dalam DBKB Non Standart ini dikelompokkan ke banyak JPB, mulai dari JPB 2-16 dan Mezzanin. Aplikasi Pajak Online SIMPBB dapat digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan seluruh JPB dan kelas-kelas dalam DBKB Non Standart ini.

Berikut Tutorial DBKB Non Standart SIMPBB:

Langkah pertama, pastikan anda sudah login/masuk ke Aplikasi Pajak Online SIMPBB, atau demo aplikasi SIMPBB jika anda belum membeli aplikasi kami. Selanjutnya klik menu Pendataan > Persiapan > Pembuatan DBKB > DBKB Non Standart untuk membuka daftar menu JPB.

Tutorial Pembuatan DBKB Non Standart SIMPBB 1

Klik pada menu  DBKB JPB 2 untuk menampilkan form dan tabel dari kelompok JPB 2 (Perkantoran Swasta). Anda bisa menyaring data berdasarkan tahun atau kelas maupun keduanya dengan mengisi form input Tahun atau Kelas kemudian klik tombol GO! untuk memproses. Untuk menghilangkan filter data dan menampilkan data secara keseluruhan anda bisa menggunakan tombol Reset Filter. Sedangkan simbol pensil pada kolom aksi digunakan untuk mengubah nilai.

Tabel Pembuatan DBKB Non Standart SIMPBB JPB 2

Cobalah untuk mengubah nilai DBKB dengan cara klik simbol pensil pada baris yang ingin anda ubah nilainya. Selanjutnya akan muncul Form Pemuktahiran Tabel dengan input Nilai Baru yang kosong. Isilah dengan angka yang anda inginkan kemudian klik tombol Simpan untuk menyimpan nilai baru tersebut. Selamat anda telah berhasil mengubah nilai pada tabel DBKB Non Standart 😉

Cara-cara pada Tutorial DBKB Non Standart SIMPBB di atas bisa juga digunakan untuk kelompok DBKB JPB lain. Kelompok JPB lain kurang lebih memiliki form input dan tabel dengan format sama, kecuali JPB 7 (Hotel) yang memiliki tambahan pilihan filter Jenis Hotel dan Bintang Hotel.

Demikian akhir dari Tutorial DBKB Standart SIMPBB, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk ikuti terus kelanjutan Tutorial, Berita maupun Artikel di blog kami minggu depan. Dan apabila masih kesulitan atau ada pertanyaan maupun permintaan ulasan artikel/tutorial silahkan tulis pada kolom komentar di bawah :)