9 Shortcut untuk Browsing Lebih Cepat

Ahli dalam bidang Produktivitas menyatakan bahwa menggunakan shortcut keyboard 60% lebih cepat daripada menggunakan mouse. Tentunya hal ini berlaku untuk semua sistem operasi dan aplikasi. Namun artikel kali ini hanya akan membatasi pada shortcut keyboard di browser-browser umum seperti Internet Explorer, Google Chrome dan Firefox.

Berikut adalah 9 Shortcut untuk Browsing Lebih Cepat:

1. Ctrl+Click

Membuka link di tab baru adalah hal yang sering dilakukan dengan Klik kanan kemudian memilih menu. Sebenarnya ada cara lain yaitu dengan menekan Ctrl dan Klik Kiri / Klik tengah (Scroll Wheel) mouse pada link.

2. Control+Tab

Membuka halaman web di tab baru lebih umum dilakukan daripada membuka di jendela baru. Selain jamak dilakukan, ternyata hal ini juga membuat aktivitas browsing lebih cepat. Kenapa? karena anda hanya cukup menekan Control+Tab pada keyboard jika ingin berpindah ke banyak halaman web yang terbuka di banyak tab.

3. Ctrl+T

Membuka tab baru adalah hal yang paling sering dilakukan ketika browsing, tetapi kebanyakan orang melakukannya dengan cara lambat, mengarahkan mouse ke atas dan klik tombol “new tab/tab baru”. Hindari menggunakan mouse, ada cara yang lebih cepat yaitu hanya dengan menekan shortcut kombinasi tombol keyboard Ctrl+T.

4. Ctrl+W

Kombinasi tombol keyboard Ctrl+W berguna untuk menutup tab, kebalikan dari shortcut Ctrl+T. Fungsi ini akan selalu mengingat dari tab mana anda datang. Misal: Buka beberapa tab baru kemudian bukalah situs aplikasipemda.com pada tab paling kiri. Selanjutnya tekan Ctrl+T untuk membuka tab baru yang akan muncul di paling kanan. Otomatis anda akan berpindah ke tab baru, tekan Ctrl+W untuk menutup tab baru tersebut dan anda akan kembali ke tab aplikasipemda.com tanpa menyentuh mouse sama sekali.

5. Ctrl+Shift+T

Mudah sekali untuk tanpa sengaja menutup tab yang diperlukan ketika anda membuka terlalu banyak tab. Tidak perlu panik jika hal ini terjadi, browser-browser terbaru sudah mempunyai option “Recently Closed Tab” yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tiap browser menempatkan option ini pada tempat yang berbeda-beda, tetapi shortcutnya sama yaitu dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Shift+T. Akan lebih cepat jika menggunakan shortcut Ctrl+Shift+T daripada harus mencari-cari letak option “Recently Closed Tab” terlebih dahulu. Shortcut ini akan mengembalikan tab yang terakhir ditutup ke posisi asalnya, bahkan jika anda menekannya berulang kali akan mengembalikan tab-tab lain yang lebih lama.

6. Spacebar

Kadang anda mendapatkan website yang sangat panjang sehingga anda menjadi terlalu malas atau lelah untuk melakukan scroll menggunakan mouse. Cobalah menekan tombol Spacebar / spasi. Setiap kali anda menekannya, halaman akan otomatis scroll ke bawah satu frame. Untuk scroll ke atas satu frame, tekan tombol Shift+Spacebar / Spasi.

7. Home/End

Tombol yang jarang digunakan tetapi sangat berguna jika anda mengetahui fungsinya pada browser. Tombol Home akan otomatis membawa anda ke bagian paling atas halaman, sedangkan tombole End ke bagian paling bawah. Fungsi tereebut terlihat sepele. tapi jika anda menelusuri update feed di Facebook dan Twitter, menekan tombol Home dapat menghindarkan dari banyaknya scroll halaman.

8. Ctrl+F

Mungkin sudah banyak yang tahu dengan fungsi shortcut ini, namun barangkali ada sebagian yang belum tahu. Tekan Ctrl+F pada keyboard, maka akan muncul kotak pencarian yang dapat digunakan untuk mencari kata atau kalimat pada halaman web. Kombinasi tombol ini akan sangat berguna ketika anda menjumpai artikel yang sangat panjang atau thread forum seperti Kaskus. Daripada harus scroll halaman dan mencari topik yang ingin anda baca secara manual, anda dapat menggunakan shortcut ini untuk langsung menemukannya.

9. F5

Sekali lagi, shortcut ini juga sudah umum digunakan. Jika anda tidak ingin repot-repot mengarahkan kursor mouse ke tombol reload halaman di top bar browser, anda dapat menghemat waktu dengan menekan tombol F5. Tombol F5 sangat berguna ketika anda menunggu terbukanya halaman website secara penuh, dan perlu mereloadnya selama beberapa kali.

Jangan berharap untuk mengingat semua shortcut ini tanpa latihan, membiasakannya membutuhkan banyak meninggalkan kebiasaan lama dan memaksa anda untuk melakukannya dengan cara yang berbeda. Jika anda menyadari pentingnya 9 Shortcut untuk Browsing Lebih Cepat ini, maka tulislah atau cetak halaman ini dan pasang di dekat komputer anda agar tidak terlupa. Dengan sedikit latihan, anda akan terkejut dengan hanya beberapa kombinasi tombol keyboard saja dapat membuat aktivitas browsing lebih cepat. Demikian artikel kali ini, jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar :)