8 Celah Keamanan pada Browser Anda

Seringkali kita hanya menggunakan browser untuk mengakses internet tanpa tahu bahwa banyak ancaman keamanan yang mengintai, terutama ancaman dari pembajakan akun-akun penting milik anda. Artikel kali ini akan menunjukkan celah-celah keamanan pada komputer anda, terutama browser yang biasanya mudah dieksploitasi oleh hacker/cracker.

Berikut adalah 8 celah keamanan pada browser anda:

1. Tidak memasang atau update Anti Virus

Banyak yang menganggap bahwa Anti Virus hanya digunakan untuk menjaga keamanan komputer dari virus, yang biasanya dianggap hanya tersebar melalui media flash disk saja. Padahal lebih banyak ancaman virus atau malware yang tersebar ketika browsing. Agar terhindar dari ancaman tersebut, anda bisa memasang Anti Virus yang mempunyai add-on/extension yang befungsi untuk monitoring aktivitas browser, salah satu yang kami rekomendasikan adalah Avast Free Antivirus.

2. Menggunakan web browser yang tidak terpercaya dan belum teruji kehandalannya

Dengan semakin berkembangnya teknologi, pilihan browser menjadi semakin banyak dan variatif dengan keunggulan, kelemahan serta fitur-fitur unik yang menjadi andalan. Anda bisa memilih untuk memakai browser apa saja yang anda sukai. Namun saran kami, lebih baik apabila memakai Google Chrome atau Mozilla Firefox yang sudah umum digunakan serta teruji dari segi kecepatan, kehandalan dan keamanannya.

3. Tidak pernah update browser ke versi terbaru

Perkembangan virus atau malware di internet bergerak sangat cepat, menurut PandaLabs,(perusahaan keamanan internet) tiap menit ada 158 malware baru yang dilepas ke internet. Untuk itu, meski anda sudah menggunakan web browser yang unggul dalam hal keamanan seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, akan sangat rentan apabila browser tersebut tidak pernah diupdate ke versi terbaru.

4. Perhatikan dengan teliti URL pada browser sebelum Login

Harap perhatikan URL atau Link yang anda ketik, copy atau klik pada browser. Hati-hati dengan halaman phising yang menyerupai tampilan halaman asli yang digunakan untuk mencuri data akun anda, misal: faceboook.com yang menyerupai halaman facebook.com dengan tampilan halaman yang sama. Periksa kembali petunjuk enkripsi sebelum memasukkan data yang sensitif, misal alamat web dengan “https” atau logo gembok terkunci di sudut kiri URL.

5. Menyimpan password pada browser di komputer publik

Jangan pernah menyimpan password pada browser apabila anda menggunakan komputer milik publik atau umum seperti warnet, perpustakaan, kantor, dan lain-lain. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk log out/sign out/keluar dari akun jika anda ingin meninggalkan komputer tersebut.

6. Tidak pernah membersihkan history pada browser

Untuk lebih menjaga privasi dan menghindari malware, bersihkan history pada browser, terutama password, cookies, dan autofill yang dapat mengancam keamanan akun anda.

7. Tidak pernah menggunakan mode Private Browser di komputer publik

Salah satu cara alternatif jika anda tidak ingin sering repot-repot keluar dari akun atau membersihkan history adalah dengan menggunakan mode Private Browser. Dalam mode Private Browser seperti Incognito Window pada Google Chrome atau Private Window pada Mozilla Firefox,  semua aktivitas pada browser seperti history, password, cookies, dan lain-lain saat itu tidak akan disimpan. Cara mengaktifkan Private Browser pada Google Chrome adalah dengan menggunakan opsi New Incognito Window atau menekan tombol kombinasi Ctrl+Shift+N. Sedangkan pada Mozilla Firefox adalah dengan menggunakan opsi New Private Window atau menekan tombol kombinasi Ctrl+Shift+P.

8. Hati-hati pada pengguna yang berdekatan dengan anda

Tetap hati-hati dan jagalah privasi pada orang-orang yang berdekatan dengan anda, bukan tidak mungkin mereka juga bisa melihat atau mengintip apa yang anda ketikkan pada saat membuka akun anda.

Demikian artikel 8 celah keamanan pada browser yang bisa kami ulas. Berhati-hatilah ketika melakukan aktivitas browser seperti login dan mengelola akun sensitif seperti akun sosmed, e-commerce, sistem informasi seperti Aplikasi Pajak Online, dan lain-lain. Hilangkan celah keamanan pada browser anda serta selalu amankan akun anda dari ancaman hacker/cracker dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog kami. Semoga bermanfaat dan apabila ada tambahan atau pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ya :)