5 Kebiasaan Penyebab Komputer Lemot

Banyak faktor penyebab komputer/laptop menjadi lemot, antara lain adalah faktor hardware, software maupun dari faktor brainware/penggunanya. Misalnya penggunaan komputer/laptop yang kurang tepat dan sesuai dengan hardware dan software yang terpasang. Untuk faktor hardware dan software mungkin masih terhitung gampang untuk diatasi dengan melakukan perawatan berkala hingga mengganti/upgrade komponen atau software yang rusak/corrupt. Namun berbeda dengan masalah brainware/penggunanya karena menyangkut masalah kebiasaan manusia yang biasanya agak sulit untuk dihilangkan. Untuk itu artikel kali ini akan membahas tentang 5 Kebiasaan Penyebab Komputer Lemot dari sisi brainware/penggunanya.

Berikut 5 Kebiasaan Penyebab Komputer Lemot yang harus dihindari:

1. Terlalu banyak menginstal aplikasi

Masih banyak yang sering menginstall aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting dan hanya digunakan sesekali. Akibatnya, sisa ruang penyimpanan pada drive system akan menjadi semakin berkurang. Drive system merupakan tempat di mana sistem operasi dan aplikasi-aplikasi terinstal. Dengan semakin penuhnya drive system tersebut akan mempengaruhi kecepatan komputer. Periksa komputer anda dan uninstal aplikasi-aplikasi yang sekiranya jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

2. Tidak menyeleksi startup aplikasi dan service yang berjalan

Biasanya ini adalah akibat kebiasaan nomor 1, yaitu terlalu banyak menginstal aplikasi. Komputer akan menjalankan banyak sekali aplikasi pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer dan menyebabkan waktu yang dihabiskan untuk masuk ke dalam sistem operasi komputer menjadi sangat lama. Solusinya anda dapat menguninstal aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan, atau jika anda tidak ingin menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, maka anda masih bisa menonaktifkan startup/service dari aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan.

3. Terlalu banyak menginstal aplikasi yang berfungsi sebagai security program

Banyak yang menganggap bahwa dengan menginstal 2-3 macam anti virus maupun firewall membuat komputer semakin aman. Padahal bisa jadi aplikasi yang satu sudah mempunyai fitur yang lebih lengkap dari aplikasi lain sehingga tidak perlu untuk menginstal keduanya sekaligus. Menggunakan 2-3 macam anti virus dalam 1 komputer juga dapat menyebabkan konflik antar aplikasi. Untuk menghemat kapasitas drive system, cukup instal satu jenis aplikasi yang berfungsi sebagai security program pada komputer anda.

4. Tidak pernah update anti virus

Meski sudah menginstal anti virus tidak menjadi jaminan komputer anda menjadi bebas virus, malware atau spyware. Resiko akan menjadi semakin besar jika anti virus anda tidak pernah diupdate sehingga tidak dapat berjalan maksimal. Jika anti virus anda tidak dapat berjalan secara maksimal maka sudah pasti gampang diinfeksi oleh virus, malware atau spyware yang bisa menyebabkan komputer anda lemot, rusak bahkan mencuri data-data anda.

5. Tidak pernah atau jarang merawat komputer secara berkala

Merawat komputer secara berkala merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan kinerja dan performa komputer anda. Rawat sistem operasi komputer anda dengan membersihkan cache, registry dan defragment hardisk minimal 1 bulan sekali. Dan jangan lupa untuk hardware komputer, silahkan periksa dan bersihkan juga secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari kelima kebiasaan di atas, salah satu yang paling berpengaruh terhadap performa komputer adalah kebiasaan nomor 1. Semakin sedikitnya sisa ruang penyimpanan di drive system akan membuat komputer semakin lemot. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi ke komputer anda. Hal ini menjadi berbeda jika anda menggunakan aplikasi online yang terinstal pada server, seperti Aplikasi Pajak Online. Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi pada tiap komputer dan bisa digunakan hanya dengan membuka browser, contohnya melalui demo aplikasi kami.

Demikian artikel kali ini, dan ingat hindari 5 Kebiasaan Penyebab Komputer Lemot di atas agar komputer anda selalu prima dan nyaman digunakan. Bagaimana dengan komputer anda? Apakah anda pernah atau bahkan sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas? Silahkan share pada kolom komentar di bawah ya :)