Jika sering bekerja menggunakan komputer maka kita akan sering menggunakan dua jenis aplikasi, yaitu aplikasi berbasis web dan desktop. Aplikasi berbasis web merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi browser untuk menjalankannya dan diakses melalui jaringan komputer. Contoh: Google Drive, Google Sheet, atau game Flash/Facebook yang dijalankan secara online, dan yang lain. Sedangkan aplikasi desktop adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri atau independen tanpa menggunakan browser atau koneksi Internet di suatu komputer dengan sistem operasi atau platfom tertentu. Contoh: Microsoft Office, Windows Media Player, Winamp dan lain-lain.

5 Alasan Memakai Aplikasi Berbasis Web

Ada 2 bagian pokok dalam aplikasi web, yang pertama adalah sisi client dan yang kedua adalah sisi server. Sisi client dalam hal ini adalah PC atau bisa juga perangkat mobile yang terhubung ke jaringan internet sehingga client dapat mengakses aplikasi web melalui web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lain-lain. Sedangkan server adalah perangkat komputer dengan spesifikasi yang baik untuk menyimpan aplikasi web beserta database server yang siap untuk diaskes oleh client.

Berikut 5 Alasan Memakai Aplikasi Berbasis Web:

1. Installation

Aplikasi berbasis web tidak memerlukan proses instalasi software pada komputer client, instalasi cukup di server saja. Berbeda dengan aplikasi desktop yang harus di-install pada masing-masing komputer client yang ingin menggunakannya.

2. Maintenance

Aplikasi berbasis web bersifat terpusat, jadi setiap perubahan kode program dilakukan di komputer server. Sedangkan aplikasi desktop bersifat terdistribusi, jadi setiap perubahan kode program harus didistribusikan juga di semua komputer client satu persatu.

3. Platform

Aplikasi berbasis web dapat dijalankan di sistem operasi mana pun, tidak perduli apakah menggunakan Linux, Windows atau OSX. Aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan memiliki browser dan akses Internet. Berbeda dengan aplikasi desktop yang mengharuskan aplikasi di-install dan dijalankan di sistem operasi tertentu.

4. Performance

Tidak perlu spesifikasi komputer client yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di komputer server penyedia aplikasi berbasis web ini. Berbeda dengan aplikasi desktop yang prosesnya dikerjakan di komputer client sendiri dan membutuhkan spesifikasi komputer client tertentu.

5. Availability

Aplikasi berbasis web dapat digunakan hanya dengan syarat ketersediaan browser dan akses internet sehingga membuatnya bersifat multi-platform dapat diakses dari sistem operasi mana pun dan dari perangkat mana pun. Berbeda dengan aplikasi desktop yang syarat ketersediaannya adalah terinstallnya aplikasi tersebut di masing komputer client.

Pada implementasinya, penggunaan aplikasi web tidak hanya bersifat informatif tetapi juga aplikatif yang dipakai oleh perusahaan maupun instansi sebagai sistem aplikasi sehari-hari. Hal ini yang menjadikan beberapa aplikasi web tidak lagi bersifat publik, tetapi sudah diproteksi melalui login dan otoritas kewenangan tertentu. Proteksi ini dimaksudkan sebagai keamanan supaya hanya yang memiliki akses yang bisa melihat konten dari aplikasi berbasis web tersebut. Contohnya seperti pada halaman login demo aplikasi SIMPBB dan SIBPHTB berikut.

Login SIMPBB dan SIBPHTB Aplikasi Pemda

Demikian ulasan kami tentang 5 alasan pemakaian aplikasi berbasis web. Sekedar tambahan tips dalam menggunakan aplikasi web, pastikan anda menggunakan koneksi internet yang stabil dan aman. Apakah anda tertarik untuk memakai aplikasi berbasis web? atau mungkin sudah terbiasa menggunakannya? silahkan share pengalaman atau pertanyaan anda pada kolom komentar di bawah :)